11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap

Admin
25/04/2024
0
53
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap
  • 11 Jenis-Jenis Finishing Percetakan Terlengkap

Terdapat berbagai jenis finishing percetakan yang sering diaplikasikan untuk mempercantik atau menambah fungsionalitas media cetak tersebut.

Dengan memberikan sentuhan finishing dalam percetakan akan membuat nilai produk cetak tersebut bertambah.

Lantas, ada berapa jenis finishing percetakan? Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya ya!


Jenis-Jenis Finishing dalam Percetakan

Berikut ini adalah beberapa jenis finishing dalam percetakan yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:


1. Laminating

Laminating adalah proses finishing cetak dengan melapisi permukaan cetakan dengan lapisan plastik laminasi, biasanya digunakan untuk melindungi cetakan dari kerusakan fisik dan cuaca. Jenis plastik laminasi yang biasa digunakan adalah plastik laminasi Thermal dan Waterbased, yang mana masing-masing plastik memiliki 2 jenis yakni Doff dan Glossy. Anda dapat memilih plastik laminasi Glossy untuk memberikan hasil sentuhan akhir yang berkilau, sedangkan untuk hasil akhir yang matte gunakan plastik laminasi Doff. Mesin yang digunakan untuk melaminasi juga berbeda-beda, terdapat mesin laminasi manual maupun otomatis.


2. Laminating Window

Berbeda dengan Laminating/Laminasi, laminating Window (Laminasi Jendela) merupakan proses laminasi pada bagian yang tidak tertutup menjadi tertutup dengan tampilan yang transparan sehingga bagian dalam pada kemasan akan terlihat.


3. Hot Stamping

Hot stamping adalah proses finishing dengan mentransfer foil panas ke permukaan cetakan menggunakan tekanan tinggi. Sehingga hasil yang diperoleh dapat memberikan efek metalik atau hologrik yang lebih menarik dan memberikan kesan mewah.

Terdapat berbagai jenis hot print foil yang bisa diaplikasikan untuk finishing Hot Stamping, seperti warna Gold & Silver, Hologram, dan warna-warni lainnya.

Penerapan Hot Print Foil sering digunakan untuk mencetak undangan, wadah kosmetik, sampul buku, kartu ucapan, dan lain-lain.


4. Spot UV

Spot UV adalah proses mengaplikasikan lapisan UV pada area tertentu dari cetakan yang telah didesain sesuai custom, sehingga menciptakan efek kilau yang menarik. Ini digunakan untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu dari desain cetakan.

Spot UV sering diaplikasikan untuk nama merk pada area desain tertentu supaya terlihat lebih menonjol dan exclusive.Hal ini bisa membuat nama Brand tertentu menambah value dari produk tertentu.


5. UV Coating

UV Coating merupakan proses di mana lapisan tipis UV diterapkan dengan cepat pada permukaan cetakan untuk memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan kilau cetakan.


6. UV Varnish

Varnishing adalah proses aplikasi lapisan transparan pada permukaan cetakan untuk memberikan kilau dan perlindungan tambahan. Terdapat berbagai jenis varnish yang bisa digunakan, seperti varnis glossy, varnis satin, dan varnis matte.


7. Embossing dan Debossing

Embossing adalah proses menaikkan pada bagian cetakan tertentu untuk menonjolkan area yang dinaikkan sesuai dengan desain yang telah di-embos, sedangkan debossing adalah proses menekan pada area bagian cetakan tertentu sesuai dengan desain yang telah ditetapkan.

Kedua proses ini memiliki kesamaan untuk menimbulkan efek pada desain cetakan, hanay berbeda pada tekanan ke dalam dan ke luar untuk finishing yang ditonjolkan sehingga memberikan kesan lebih estetik dan menarik.


8. Pond

Pond adalah proses memotong cetakan dengan desain bentuk tertentu menggunakan pisau khusus. Mesin Pond juga biasa disebut sebagai Die Cutting. Proses ini digunakan untuk menciptakan cetakan dengan bentuk yang unik dan menarik.

Bentuk pemotongan disesuaikan dengan permintaan pelanggan, sehingga hasilnya lebih presisi. Misalnya pemotongan kemasangan untuk produk kosmetik atau produk tertentu.


9. Folding dan Binding

Folding adalah proses finishing dengan melipat cetakan sesuai dengan desain yang diinginkan, sedangkan binding adalah proses mengikat cetakan untuk membuat buku atau majalah. Keduanya merupakan bagian penting dari finishing untuk produk cetakan yang lebih kompleks.


10. Transfer Metalized

Transfer Metalized adalah proses finishing di mana foil metalized diolesi pada permukaan cetakan menggunakan panas dan tekanan tinggi. Hal ini menciptakan efek metalik yang mengkilap pada cetakan, memberikan tampilan yang mewah dan menarik. Jika dibandingkan dengan laminating, finishing ini jauh membuat tampilan produk lebih premium, cocok untuk produk yang mengedepankan kualitas pada produk tersebut. Proses ini umumnya digunakan untuk mencetak logo, teks, atau elemen desain lainnya yang ingin ditonjolkan dalam cetakan.


11. Transfer PET

Transfer PET adalah proses finishing transfer foil menggunakan bahan PET (Polyethylene Terephthalate) yang biasanya digunakan untuk mencetak desain pada kertas atau karton. Proses ini melibatkan aplikasi panas dan tekanan pada foil yang melekat pada permukaan kertas atau karton, menciptakan efek berkilau atau motif yang diinginkan. Transfer PET sering digunakan dalam industri percetakan untuk mencetak produk seperti kartu ucapan, kemasan mewah, dan produk promosi lainnya.


Jasa Finishing Terlengkap se-Indonesia

Tidak perlu khawatir lagi, produk terlihat biasa-biasa saja. Dengan adanya jasa finishing, Anda bisa request sesuai dengan permintaan pelanggan. Pelangi UV merupakan satu-satunya jasa finishing terlengkap se Jawa Timur.

Adapun kelebihan Pelangi UV adalah sebagai berikut:

  • Gratis biaya pengambilan dan pengantaran se Jawa Timur.
  • Pengerjakan lebih cepat dan presisi karena diproses menggunakan 29 mesin import canggih.
  • Diproses oleh tenaga profesional yang telah berpengalaman bertahun-tahun di dunia finishing.
  • Layanan pelanggan ramah.
  • Adanya Quality Control produk sehingga hasil finishing seluruhnya terjamin.
  • Bisa request berbagai macam jenis finishing sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk informasi lengkap mengenai jasa finishing bisa menghubungi layanan Call Center kami di 0822 3101 9363 atau 0318667469


Penutup

Finishing merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam percetakan untuk memberikan sentuhan akhir pada media cetak sehingga hasil cetakan tampak lebih exclusive. Kini tidak perlu khawatir untuk melakukan finishing jasa percetakan/offset Anda, karena Pelangi UV hadir untuk memberikan layanan sentuhan akhir yang sempurna.

Bagaimana Komentar Anda ?

Nama *
E-Mail *
Komentar *
Komentar

Belum Ada Komentar